HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Articles in Category: Berita

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90

on Selasa, 30 Oktober 2018. Posted in Berita

Senin (29/10) bertempat di lapangan Pengadilan Negeri Sungai Penuh dilaksanakan Upacara Peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-90. Dalam upacara ini bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bapak Ketua Pengadilan Negeri Sungai Penuh dan dihadiri oleh pejabat struktural, pejabat fungsional serta seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Sungai Penuh.

KETUA MA MERESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI MELONGUANE

on Senin, 22 Oktober 2018. Posted in Berita

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH.,MH meresmikan pengoperasian 85 pengadilan baru di Melonguane Kabupaten Talaud, pada Senin 22 Oktober 2018. Acara peresmian tersebut sengaja di selenggarakan di Melonguane sebagai salah satu kota yang terletak di terluar wilayah Inonesia.

Sebelumnya Kabupaten Talaud dengan Ibu Kota Melonguane termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Tahuna di Kabupaten Sangihe,padahal antara Kabupaten Talaud dengan Kabupaten Sangihe terpisah oleh laut. dua Kabupaten Tersebut hanya bisa di tempuh dengan transportasi udara dengan rute Talaud-Manado-Sangihe sehingga masyarakat yang berdomisili di Kota Melonguane untuk bisa datang ke Pengadilan Negeri Tahuna harus terbang naik pesawat ke Manado Terlebih dahulu baru terbang lagi ke Kabupaten Sangihe tempat Pengadilan Negeri Tahuna berada. sekarang dengan berdirinya Pengadilan Negeri Melanguane, maka masyarakat yang tinggal di Kabupaten Talaud tidak perlu lagi harus menggunakan pesawat untuk datang ke Pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H.,M.H Mengatakan bahwa terbentuknya Pengadilan Baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan Pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran. namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan kepada para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. kendala geografis di wilyah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke Pengadilan, baik karena jarak antara Pengadilan dengan tempat tinggal para Pencari keadilan yang sangat jauh atau di sebabkan karena kondisi alam yang sulit di lalui oleh alat transportasi. baik darat laut maupun udara, sehingga pada daerah beberapa Pengadilan Agama /MS disekitar wilayah Pengadilan Baru Tersebut, sehingga operasional Pengadilan Tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sesuai arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, seluruh Pengadilan Agama yang baru harus tetap memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat meskipun dalam segala keterbatasan, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan permohonan anggaran untuk membangun Pengadilan Baru kepada Pemerintah dengan harapan tercapainya Pelayanan yang prima kepada pencari keadilan. Demikianlah siaran pers ini dibuat untuk dimaklumi bersama dan atas kerjasamanya di ucapkan terimakasih.

Jakarta, 18 Oktober 2018

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI.

 

Dr. Abdullah., S.H.,M.S.